Manajemen Keuangan – Kunci Untuk Mengelola Perdagangan Anda Secara Efisien

kunci

Manajemen keuangan merupakan bagian yang paling integral dari perdagangan. Tidak ada pedagang yang bisa berharap untuk memenangkan setiap perdagangan tunggal dan karena itu mereka harus mempersiapkan setiap kerugian yang mungkin terjadi selama sesi perdagangan berlangsung. Serangkaian perdagangan yang rugi terjadi pada sebagian besar pedagang, serta sesuatu yang memisahkan pedagang profesional dan pemula adalah strategi pengelolaan uang yang efisien. Saat seseorang mulai serakah adalah saat dimana seseorang memulai perdagangan yang dipenuhi penderitaan.

Ide utama dibalik manajemen eksposur yang efektif adalah untuk melestarikan portofolio perdagangan anda secara berkelanjutan dan efisien. Jika anda memulai sesi perdagangan anda dengan modal US$ 1.000 dalam akun anda dan menghasilkan sejumlah US$ 200 atau US$ 300 dalam satu sesi perdagangan, anda dapat yakin bahwa beberapa kerugian akan memukul anda dengan keras dan akhirnya menghapus seluruh modal anda. Perdagangan yang lebih kecil dan lebih diperhitungkan akan, pertama dan terpenting, memungkinkan anda untuk berdagang dengan tenang mengetahui kerugian akan bersifat minimal; membuat pemulihan perdagangan menjadi lebih mudah untuk didekati.

Dalam rangka untuk menghasilkan uang didalam pasar finansial seperti pada binary option Indonesia, ada dua bahan utama yang perlu digunakan secara bersamaan. Bahan pertama adalah strategi perdagangan yang layak – baik itu strategi yang sistematis, fundamental atau teknis. Apapun strateginya, perlu diuji oleh pedagang untuk memverifikasi validitas yang terkandung didalamnya.

Setelah pedagang memverifikasi validitas strategi binary option ini, perlu dikerahkan secara konsisten dengan bahan kedua yaitu yang diperhitungkan sebagai strategi manajemen keuangan. Strategi manajemen keuangan melibatkan sisi kewaspadaan dan secara bijaksana mengelola jumlah dana yang diinvestasikan dalam sesi perdagangan.

Jika pedagang memiliki strategi yang layak didalam perdagangan tetapi manajemen keuangannya begitu lemah – atau sebaliknya – maka kemungkinan besar ia dapat kehilangan seluruh modal perdagangannya dengan cepat atau lambat.

Banyak pedagang yang akan memiliki kecenderungan untuk “tilt” jika mereka merasakan kemenangan besar ataupun kerugian besar. Beberapa pedagang akan panic ketika strategi mereka tidak sejalan seperti yang sudah direncanakan, dan akan menyerah sebelum mereka punya kesempatan untuk mengkonfirmasi keabsahan dari strategi perdagangannya; pada umumnya pedagang akan mendapatkan rasa percaya diri tinggi ketika merasakan kemenangan beruntun dan memutuskan untuk meningkatkan investasinya – padahal hal ini akan menimbulkan kerugian besar yang akan menghapus sebagian dari modal yang diinvestasikan.

  • Kata-Kata Bijak

Benoit Mandelbrot – pemilik terkemuka di bidang geometri fractal – mengijinkan kita untuk memeriksa kemungkinan skenario pendapatan melalui penjelasan efek “Noah” dan “Joseph” sebagai bagian dari teori Chaos.

Efek Noah menyinggung kisah Alkitab yang terkenal dimana Noah (Nabi Nuh) harus membangun sebuah bahtera untuk bertahan hidup dari banjir yang besar. Mandelbrot menggunakan kisah ini sebagai perbandingan untuk kejadian yang jarang terjadi, tetapi untuk yang satu ini perlu dipersiapkan. Perubahan dengan efek diskontinyu dapat terjadi setiap saat, dan pedagang harus menyadari setiap ancaman yang mungkin terjadi didalam strategi perdagangan mereka.

Efek Joseph membuat referensi ke dalam kisah Perjanjian Lama dimana bangsa Mesir mengalami masa 7 tahun kemakmuran, yang diikuti dengan masa 7 tahun kekeringan dan kelaparan. Mandelbrot menggunakan cerita yang menyinggung fakta bahwa strategi perdagangan selalu rentan terhadap seri berturut-turut dari kerugian atau kemenangan. Setiap strategi manajemen keuangan perlu mempertimbangkan penarikan yang berjalan secara maksimal – akumulai kerugian berturut-turut. Tingkat dimana saldo rekening seseorang cukup sehat untuk menderita kerugian secara berturut-turut dan akhirnya mereka justru gali lobang tutup lobang.

Mari kita lihat dua jenis strategi investasi dasar yang dapat diambil para pedagang ketika memulai sesi perdagangan: pendekatan secara konservatif dan pendekatan secara agresif.

Pendekatan konservatif juga disebut aturan 5/15, dan merupakan cara yang paling bijaksana untuk mencapai sesi perdagangan yang stabil dengan resiko rendah. Nama 5/15 juga mengacu pada persentase dana anda yang disarankan untuk diperdagangan di sesi perdagangan tunggal. Jika anda memiliki US$ 1.000 didalam akun, anda dianjurkan untuk berdagang maksimal 5% dari jumlah tersebut didalam satu perdagangan, dan maksimal 15% dari total saldo akun anda dalam perdagangan yang dibuka secara bersamaan.

Dengan kata lain, setelah anda memasukkan sesi perdagangan anda dengan saldo rekening US$ 1.000, jumlah maksimum yang disarankan untuk ditempatkan dalam satu perdagangan tunggal adalah US$ 50; dan dianjurkan untuk tidak melebihi 3 perdagangan, mencapai total gabungan US$ 150. Sementara perdagangan dengan jumlah yang lebih rendah memerlukan imbalan yang lebih rendah, ini membantu untuk memastikan bahwa anda tidak mempertaruhkan resiko lebih dari jumlah yang tidak sanggup anda tanggung kerugiannya – artinya didalam hal ini, tingkat resiko anda dapat dikelola.

Pendekatan perdagangan secara agresif melibatkan cara yang lebih beresiko saat mendekati perdagangan tersebut, dengan imbalan keuntungan yang lebih tinggi. Tetapkan dengan persentase portofolio anda seperti pendekatan konservatif, strategi agresif menggunakan rencana pengelolaan dana 10/30.

Setiap pedagang yang berpengalaman akan memberitahu anda bahwa memiliki rencana permainan di awal adalah hal penting sebelum memulai sesi perdagangan. Seorang pedagang yang membabi buta membuka posisi tanpa memiliki strategi perdagangan yang konsisten serta strategi pengelolaan uang di tempat yang benar dapat dijuluki seorang penjudi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perilaku semacam ini akan mengakibatkan modal yang anda miliki akan habis cepat atau lambat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *